Sunday, April 30, 2006

GILA

Seperti biasa kembali aku tertegun cukup lama setiap melihat orang - orang gila dengan banyak tingkah yang di"pertontonkannya" di pinggir jalan. Tidak menunggu lama dalam benakku untuk kemudian diberondong dengan banyak pertanyaan :" sedang berada di dunia mana mereka? dunia seperti apa yang saat ini mereka tangkap dalam inderawi mereka yang masih waras? masih punyakah mereka kemampuan untuk membedakan batas realitas dan ilusi hingga kadang sesekali mereka masih "nyambung" untuk diajak berpijak ke bumi? adakah rasa yang bisa menghinggapi hati mereka di luar "peran kegilaan"-nya? ".

Dan sekali lagi aku harus menemukan diriku dibaluri dengan
kekecewaan karena jawaban dari semua itu adalah : kosong. Ya ..... sama kosongnya dengan tatapan mereka, tatapan yang hampir menembus garis batas cakrawala, entah sampai dimana sorot mata itu menemukan objek pandangnya.

Jika kemudian acuh yang menghinggapi benak kita, menyadari bahwa sebenarnya pada batas tertentu ketika asa, harapan, idealita dan segala hal yang kita inginkan terlalu jauh membumbung meninggalkan landasan realita, adalah satu keniscayaan kita akan mengalami kegilaan - kegilaan dengan kadar yang ditentukan oleh gap mimpi - realita, serta seberapa besar dan lapang jiwa kita untuk bisa menyediakan "keranjang sampah" bagi kekecewaan - kekecewaan.

" Iki jaman edan sing ora edan ora keduman ( ini jaman gila, yang tidak gila tidak kebagian ) " demikian ungkapan yang barangkali turut melembagakan, memberikan legitimasi orang-orang di jaman post-modern ini untuk mencicipi kegilaan, artinya bahwa kewarasan ( baca : kewajaran ) adalah kegilaan itu sendiri, paradoksisasi etika, pe-negasi-an ( baca :logika terbalik ) standar nilai positif menjadi suatu kelumrahan yang bisa dimaklumi dan mendapat anggukan orang-orang yang terjangkiti kegilaan. Sehingga sampai di sini kita akan garuk - garuk kepala ketika diminta untuk mendikotomikan dan membuat definisi antara gila dan waras.

Dan agama - agama sebagai "penjaga gawang" nilai - nilai kebaikan kehidupan, masing - masing akan membuktikan perannya untuk menangkal absurbsitas batas-batas nilai. Karena muara dari kegilaan ini adalah suatu keresahan, kepenatan yang amat sangat akan nilai-nilai materialistik untuk kemudian titik balik dari semua itu adalah bahwa para pelaku kegilaan ini akan kembali ke "rumah" yang lama ditinggalkannya yakni spritualitas.

Di sini proses seleksi alamiah akan terjadi bagi agama - agama dimana "religio etik" suatu agama yang konsisten, jelas namun dinamis akan menjadi pemenang.

"Innaddina indallohil Islam ......." begitu firman ALLOH SWT sekaligus menjawab permasalahan di atas, bahwa kemudian yang diharapkan dengan pedoman hidup yang jelas ini adalah adanya sinergisitas potensi yang ada pada diri manusia : fisik, akal dan hati ( jiwa ) sebagai makhluk-Nya hingga terwujudnya " kuntum khoiru ummah ukhrijat linnas ........ " serta " wamaa arsalnaaka illarahmatan li'alamin .........." .

Dan dari ketiga komponen tersebut, hati ( jiwa ) lah yang memiliki peran terbesar, karena nilai keberhargaan manusia yang paling utama adalah dilihat dari sisi holistiknya, orang - orang gila tadi contohnya.


O, April 2006
PS : bagi pembaca yang bingung dengan tulisan di atas,jangan kuatir dan minder bahwasanya tidak ada yang salah dengan IQ anda, yang terjadi hanyalah bahwa saya sedang "overdosis" mengkonsumsi buku filsafat ^_^

4 Comments:

At 10:34 PM, Anonymous ranids said...

Hehehe...iya nih kayaknya overdosis, bahasanya beda loh :p

 
At 8:55 AM, Blogger Awan Diga Aristo said...

Assalamu'alaikum wr wb...

wah, beneran jeruk makan jeruk nih mas awan (serasa ngomong ke diri sendiri :p )

dan ternyata bisa jadi kita berbagi kegemaran yang sama, memusingkan kegilaan di sekitar kita... kadang suka bertanya-tanya, benarkah kita yang "waras"? bukankah dalam pemikiran orang-orang yang kita anggap "gila", mereka menganggap diri mereka waras, dan sebaliknya kita yang gila?

realitas terkadang terasa begitu jauh...

 
At 2:56 PM, Anonymous Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP »

 
At 7:00 AM, Anonymous Anonymous said...

Very cool design! Useful information. Go on! http://www.verizon-wireless-phone-plans.info nissan philippines Work from home in mn Teeth whitener review New wiring lcd pa http://www.blackberry-way-oldies-mp3.info 5 500 apap hydrocodone buy tramadol now nissan truck norton antispam 2005 keygen Jade fixed kitchen cooktops Casino expectancies winning blackjack training management omega watches

 

Post a Comment

<< Home